Strategi Pemasaran Berdasarkan Nilai: Kunci Untuk Mendapatkan Pelanggan Yang Loyal Ditengah Ketatnya Persaingan Usaha Dalam Era Pandemi Covid 19

  • Andyan Pradipta Utama
  • Tri Ratna Murti
Keywords: Pemasaran berdasarkan nilai, Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan memperkenalkan konsep pemasaran yang
berorientasi pada peningkatan nilai pada setiap produk yang ditujukan kepada konsumen. Ditengah kondisi
Pandemi Covid-19 saat ini dimana daya beli masyarakat menurun, banyak masyarakat yang terkena PHK
dan kemudian menekuni usaha sendiri, adanya kemudahan pemasaran digital membuat banyak sekali
bermunculan pengusaha-pengusaha baru. Banyaknya pengusaha baru yang bersaing ketat dengan
pengusaha yang sudah ada ditambah adanya daya beli masyarakat yang menurun tentunya membuat
masyarakat semakin selektif dalam membeli suatu produk dimana konsumen akan membeli suatu produk
yang dirasakan memiliki nilai lebih (value) dibandingkan produk pesaing. Strategi pemasaran
berdasarkan nilai merupakan konsep yang dapat berkembang berdasarkan kebutuhan yang ada pada
konsumen dan peluang yang dapat diciptakan oleh produsen. Secara sederhana pelatihan ini bertujuan agar
masyarakat sebagai pelaku usaha menyadari bahwa pemasaran berdasarkan nilai melihat pada peluang-peluang
yang dapat dikembangkan sehingga meningkatkan kepuasan konsumen dimana kepuasan konsumen dapat
meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam kegiatan ini dijelaskan bagaimana Marketing Mix dapat dijadikan
panduan untuk melihat secara detail nilai yang dapat ditingkatkan. Secara keseluruhan peserta mengerti konsep
pemasaran berdasarkan nilai dengan menggunakan alat ukur Marketing Mix, namun belum mampu
mempratekkannya secara nyata dan terinci. Diperlukan penyertaan secara berkesinambungan dalam memberikan
pelatihan sampai peserta mampu mempraktekannya

Published
2021-10-31