PENGEMASAN PRODUK OLEH-OLEH KHAS DESA JIPUT PANDEGLANG PADA MASYARAKAT DESA

PENGEMASAN PRODUK OLEH-OLEH KHAS DESA JIPUT PANDEGLANG PADA MASYARAKAT DESA

  • Sri Sulartiningrum
  • Fifi Nofiyanti
  • Rina Fitriana
Keywords: Potensi Desa, Oleh-Oleh, Pengemasan, Desa Jiput

Abstract

 ABSTRAK
Artikel ini menjelaskan tentang kegiatan pelatihan pengemasan produk oleh-oleh khas di Desa
Jiput Pandeglang Banten. Potensi desa dan alam di Jiput Banten dari hasil pertanian dan
perkebunan melimpah, seperti melinjo, kripik pisang, emping, dan makanan ringan lainnya.
Penjualan produk oleh-oleh tersebut sudah dilakukan oleh masyarakat Desa Jiput, namun masih
menggunakan kemasan yang sederhana dan belum diberi merk. Metode yang digunakan dalam
pelatihan ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, praktik, dan evaluasi. Subjek masyarakat yang diberi
pelatihan adalah masyarakat yang Desa Jiput sebagai produsen produk dan penjual produk yang
berjumlah 25 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian pengemasan oleh-oleh yaitu adanya
perubahan pengemasan produk menggunakan plastik bening dan dikemas lebih menarik.
Peningkatan yang terjadi sebesar 50 %, masyarakat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini dan
mempraktikannya. Pembuatan merk produk juga dilakukan dan memperoleh peningkatan sebesar
40 %. Produk yang telah dikemas kemudian dijual disekitar Desa Jiput dan mengalami
peningkatan 10 %. Diharapkan dengan adanya perubahan ini dapat mengenalkan Desa Jiput dan
menjadikan oleh-oleh khas yang dikenal masyarakat luas.

Published
2018-11-16