Bedah Soal USK (Ujian Sertifikasi Kompetensi) Bidang Akuntansi Dengan Menggunakan Aplikasi Accurate Online Untuk Guru MGMP Akuntansi Jakarta Timur II
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari tridharma perguruan tinggi,
dengan tujuan membantu masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan mereka
dalam berbagai bidang. terutama bidang akuntansi. Pelatihan dilaksanakan dengan peserta guru
gur MGMP Akuntansi Jakarta Timur II. Pelatihan dengan bahasan adalah bedan soal Ujian
Sertifikasi Kompetensi yang rutin dilaksanakan di SMK dengan menggunakan aplikasi akuntansi
Accurate Online. Metode pelatihan adalah dengan ceramah, demonstrasi, praktek langsung
menggunakan aplikasi Accurate Online, dan studi kasus dari UKK/USK terdahulu yang diperoleh
dari download di internet. Tahapan pelatihan dilakukan dengan tahap awal dengan cara
membagikan kuesioner kepada peserta berupa pre-test dan post-test. Tahap pelaksanaan
penyuluhan dengan berdasarkan kasus USK yang sudah diberikan sebelum kegiatan
dilakukan.Dari enam (6) pertanyaan yang diberikan melalui pre-test dan post-test, tingkat
pemahaman peserta meningkat tidak ada yang tidak paham, tingkat pemahaman peserta meningkat
Kata kunci : USK, PKM, MGMP, Accurate Accouting System
dari cukup paham, menjadi paham dan penambahan dari tidak paham dengan growt sebesar 74%
dari tidak paham, menjadi cukup paham, dan menjadi paham dengan growt sebesar 80%
Community service activities are one of the tridharma of higher education, with the aim of helping
the community to increase their capacity and skills in various fields. especially the field of
accounting. The training was carried out with the participants of the East Jakarta II Accounting
MGMP teachers. Training with the topic is the difference in Competency Certification Exam
questions that are routinely carried out at SMK using the Accurate Online accounting application.
The training methods were lectures, demonstrations, hands-on practice using the Accurate Online
application, and case studies from previous UKK/USK obtained from downloads on the internet.
The training stages were carried out with the initial stage by distributing questionnaires to
participants in the form of pre-test and post-test. The implementation stage of the counselling was
based on the USK case that had been given before the activity was carried out.
Of the six (6) questions given through the pre-test and post-test, the level of understanding of the
participants increased, no one did not understand, the level of understanding of the participants
increased from quite understanding, to understanding and the addition of not understanding with a
growth of 74% from not understanding, to quite understanding, and to understanding with a growth
of 80%.