Pengaruh Manfaat, Mental Accounting, Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Di Jakarta Pusat Dengan Minat Penggunaan Dompet Digital Pada Kalangan Anak Muda Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manfaat, mental accounting, dan literasi keuangan terhadap
Kinerja Keuangan UMKM dengan minat penggunaan dompet digital sebagai variabel Intervening. Populasi
dalam penelitian ini adalah anak muda yang telah membeli dagangan dari pedagang UMKM Kaki Lima di wilayah
Jakarta Pusat dan pedagang UMKM yang bersangkutan. Penemuan sampel dalam penelitian ini dengan
menggunakan metode non-probability sampling dengan Teknik accidental sampling diperoleh sampel sebanyak
87 Responden pembeli. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, Uji Validitas, Uji Realibilitas,
Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Hipotesis parsial (Uji t), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data
menggunakan software SmartPls 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis parsial (uji
t) manfaat dan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan dompet digital, sedangkan mental
accounting tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan dompet digital. Hasil uji koefisien determinasi
pada penelitian ini variabel intervening dikategorikan sedang untuk menjelaskan variabel dependen.sebesar
42,4 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar penelitian ini. Variabel manfaat dan variabel Literasi
Keuangan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja keuangan UMKM sedangkan Mental Accounting tidak
memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan UMKM Hasil uji koefisien determinasi pada penelitian ini
variabel independen dikategorikan rendah untuk m