Pelatihan Desain Canva: Strategi Visual Efektif Bagi Umkm, Setiabudi, Jakarta Selatan

  • Dewi Gita Kartika Universitas Sahid, Jakarta
  • Annisa Retno Utami Universitas Sahid, Jakarta
  • Evelyn Hanaseta Universitas Sahid, Jakarta
Keywords: Desain Canva; Strategi Visual; UMKM; Logo

Abstract

Persaingan pasar digital menuntut UMKM untuk membuat konten visual yang menarik dan profesional. Namun, banyak UMKM yang menghadapi keterbatasan dalam menghasilkan konten promosi yang efektif. Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan kemampuan promosi digital pada UMKM dalam bentuk konten visual dengan mengoptimalkan pada aplikasi Canva. Pelatihan ini mengajarkan keterampilan dasar desain menggunakan Canva, sebuah platform desain yang mudah diakses, sehingga peserta dapat membuat materi promosi, seperti poster dan konten media sosial, tanpa memerlukan keahlian teknis yang rumit. Metodologi yang digunakan dengan pemaparan materi, workshop membuat konten visual dan penugasan mandiri yang diberikan kepada peserta untuk menghasilkan desain visual dari Canva. Pelatihan ini diberikan kepada 38 peserta UMKM yang merupakan binaan dari PPKUKM Jakarta Selatan, yang terdaftar di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Hasil pelatihan menunjukkan adanya kemampuan peserta dalam menghasilkan konten visual secara mandiri, dalam bentuk poster, logo, kartu nama, brosur, banner, flayer yang yang dibuat menarik dan digunakan sebagai media promosi digital. Pelatihan ini berhasil membantu UMKM dalam menghadapi tantangan promosi digital dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan bisnis mereka melalui strategi visual yang efektif

Published
2024-11-01