Peningkatan Kemampuan Promosi Digital Melalui Optimalisasi Media Sosial Instagram Bisnis Pada UMKM

  • Kania Ratnasari Universitas Sahid, Jakarta
  • Khoirul Anwar Universitas Sahid, Jakarta
  • Listijono Setyopratignjo Universitas Sahid, Jakarta
Keywords: Instagram, Media Sosial, Promosi Digital, UMKM

Abstract

UMKM merupakan katalisator utama perekonomian nasional di Indonesia. Kontribusi UMKM pada perekonomian Indonesia sangat besar termasuk pada kondisi ekonomi yang rawan resesi. Meski memiliki kontribusi yang tinggi, UMKM masih memiliki beberapa kendala terkait dengan pengembangan usaha, SDM dan juga pemasaran. Sehubungan dengan hal tersebut, peningkatan kemampuan pelaku UMKM menggunakan media sosial termasuk Instagram menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan promosi digital melalui optimalisasi media sosial Instagram bismis pada UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan di daerah Mampang Prapatan dengan peserta sebanyak 80 pelaku UMKM. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh diketahui bahwa pelaksanaakn kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, termasuk didalamnya adalah ceramah dan praktik secara langsung. Hasil evaluasi yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kekmampuan peserta yang terjadi setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini. Rata-rata skor peserta sebelum Pelaksanaan adalah sebesar 95,4±7,67 dan meningkat menjadi 99,2±2,77. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bawah kegiatan peningkatan kemampuan promosi digital melalui optimalisasi media sosial Instagram Bisnis untuk UMKM terbukti telah mampu meningkatkan Pengetahuan dan praktik pelaku UMKM

Published
2025-07-01