Penguatan Media Digital dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Dapur Aru di Kabupaten Kampar

  • Resdati Resdati Universitas Riau, Pekanbaru
  • Yusmar Yusuf Universitas Riau, Pekanbaru
  • Niken Fujia Lestari Universitas Riau, Pekanbaru
  • Adinda Fitri Adila Universitas Riau, Pekanbaru
  • Algitia Ardino Universitas Riau, Pekanbaru
  • Azi AsAri Universitas Riau, Pekanbaru
  • Bayu Pradika Universitas Riau, Pekanbaru
Keywords: Dapur Aru, Media Digital, UMKM Kampar

Abstract

Pengabdian yang dilakukan Kelompok KUKERTA Integrasi Desa Salo Timur ini bertujuan
untuk membantu UMKM Dapur Aru mengoptimalkan pemasaran melalui pemanfaatan media
digital yang lebih efisien. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah sosialisasi dan praktik
langsung. Tahapan implementasi yang diberikan Kelompok KUKERTA Integrasi Desa Salo
Timur kepada UMKM Dapur Aru adalah; sosialisasi tentang pentingnya selalu aktif di media
sosial dan marketplace; sosialisasi dan praktik penggunaan Tiktok Ads, Facebook Ads,
Instagram Ads, dan Broadcast Whatsapp; sosialisasi dan praktik penggunaan fitur-fitur penting
pada media sosial dan marketplace yang digunakan; sosialisasi dan praktik penggunaan aplikasi
Canva untuk menunjang konten produk penjualan; sosialisasi dan praktik penggunaan website
yang disediakan oleh Kelompok KUKERTA Integrasi Desa Salo Timur; berlatih cara
mengambil foto produk yang menarik; serta membantu menjalankan media sosial atau
marketplace berupa Tiktok/Tiktokshop UMKM Dapur Aru yang menghasilkan lebih banyak
follower pada akun baru dibandingkan akun lama UMKM Dapur Aru. Selain menghasilkan
beberapa kegiatan bermanfaat, kegiatan bermitra pada pengabdian ini menghasilkan pengetahuan
baru yang didapatkan oleh pihak yang terkait didalamnya.

Published
2026-07-01