EDUKASI DAN PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN TEH HERBAL BERBASIS E-COMMERCE DI ERA DIGITAL DI DESA SUMBER GEDE,KEC.WRINGINANOM

  • Arista Wahyu Ningsih Universitas Anwar Medika
  • Selfya Ningrum Universitas Anwar Medika
  • Mohammad Fathoni Universitas Anwar Medika
  • Femas Angga Saputra Universitas Anwar Medika
  • Alvito Syawal Zubkhi Universitas Anwar Medika
  • Ikakiswa Imamah Febrianti Universitas Anwar Medika
Keywords: UMKM, teh herbal, e-commerce, pemasaran digital, marketplace

Abstract

Artikel ini membahas edukasi dan pelatihan strategi pemasaran teh herbal berbasis e-commerce
di era digital di Desa Sumber Gede, Kecamatan Wringinanom. Fokus utama adalah mengatasi tiga
permasalahan utama yang dihadapi mitra, yaitu kurangnya pengetahuan tentang digital marketing
dan e-commerce, belum tersedianya identitas produk dan branding yang kuat, serta kurangnya
pemahaman dalam perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP). Metodologi yang diterapkan berupa
pelatihan langsung dan pendampingan kepada para pelaku usaha di desa tersebut. Hasilnya
menunjukkan peningkatan pemahaman digital marketing, penguatan branding, dan kemampuan
menghitung HPP secara tepat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan penjualan
produk teh herbal secara online.
Kata kunci: UMKM,teh herbal, e-commerce , pemasaran digital, marketplace

Published
2026-03-01