Meningkatkan Curiosity Untuk Menghasilkan Inovasi Di Dalam Pekerjaan

  • Fahrul Riza Universitas Bunda Mulia
  • Lanang Diayudha Universitas Bunda Mulia
  • Tannia Tannia Universitas Bunda Mulia
  • Andreas Wijaya Universitas Bunda Mulia
Keywords: Rasa Ingin Tahu, Karyawan, Flow, Ide

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat membuat persaingan bisnis semakin ketat. Daur hidup
produk/layanan semakin singkat, perusahaan harus sering mengeluarkan produk/layanan inovatif
agar tetap dapat bertahan. Perusahaan adalah kumpulan dari sumber-sumber daya yang dapat
dieksplorasi untuk menghasilkan produk/layanan inovatif dan dieksploitasi untuk menghasilkan
keuntungan. Karyawan dengan beragam pengetahuannya merupakan sumberdaya yang paling
berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Namun pengetahuan tersebut tidak akan muncul ke
permukaan apabila perusahaan tidak dapat memperdayakannya. Memiliki kemampuan untuk
membangkitkan rasa ingin tahu (curiosity) karyawan merupakan salah satu kapabilitas yang perlu
dimiliki oleh manajemen perusahaan untukmeningkatkan kuantitas inovasi dari internal. Kegiatan
pengabdian masyarakat bertujuan untuk mendorong para karyawan untuk memiliki curiosity di
dalam pekerjaan yang dijalaninya. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan para karyawan
dan manajer dari PT. Alfaland menggunakan metode workshop secara daring. Hasil dari kegiatan
adalah karyawan memahami bahwa untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi harus dimulai dari
menyukai pekerjaan dan menganggap bekerja sebagai melakukan sebuah kesenangan sehingga
ide kreatif dapat muncul.

Published
2021-10-29