Digitalisasi Manajemen Pada Usaha Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Di Depok Jawa Barat
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam
mengembangkan perekonomian masyarakat, khususnya Kota Depok dapat menciptakan lapangan
kerja baru. Untuk meningkatkan penghasilan Pemerintah Kota Depok memberikan fasilitas
berupa kios-kios dengan harapkan para pelaku UMKM dapat berkembang serta dapat meningkat
lebih baik untuk pemasukan keluarga. Dengan mendirikan fasilitas untuk para UMKM dapat
mempercepat atau peningkatan usaha UMKM dari Pemerintah Kota Depok . Hal tersebut sangat
diapresiasi dan didukung, sebab salah satu program yang dicetuskan Wali Kota Depok tersebut
merupakan program masa depan masyarakat dalam berusaha dengan hasil produk sendiri dan
mandiri. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pengetahuan tentang
pentingnya Digitalisasi melalui media online seperti membuka toko di toko pedia, facebook ,
Whats.app. yang dapat memberikan atau dorongan penjualan produk sehingga diharapkan
pendapatan mitra akan meningkat. Metode yang dilakukan adalah diskusi mengenai manajemen
usaha dan pelatihan pembuatan akunmedia social seperti buka lapak, facebook dan media website
toko pedia serta pendampingan manajemen usaha. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini
adalah meningkatkan pengetahuan mitra tentang manajemen digitalisasi yang dilakukan dengan
pre tes dan post test dimana hasilnya meningkat dari 5,6 menjadi 7,6. Dan didalam Pendampingan
mitra telah dapat membuat akun produknya melalui facebook dan toko pedia online
Kesimpulan Kegiatan pendampingan terhadap 15 UMKM dapat meningkatkan pengetahuan mitra
tentang Digitalisasi Manajemen Usaha dan dapat mempraktekkannya penjualan melalui media
social dan menunjang pengembangan serta meningkatkan daya saing , inovasi produk sehingga
pendapatan mitra dapat lebih baik walaupun pandemi covid 19 belum berakhir