Bimbingan Teknik Dan Pendampingan Aplikasi Smart Masjid Pada Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (Dkm)Wilayah Jakarta

  • Ahmad Muhammad Thantawi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Febrianty Febrianty Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech
  • Sularso Budilaksono Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Nizirwan Anwar Universitas Esa Unggul
  • Siti Komsiah Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi menyentuh semua kehidupan yang memberikan kemudahan dalam aktivitas sehari-hari umat manusia. Tidak terkecuali dengan kegiatan di rumah ibadah seperti Masjid bagi umat Islam. Kemajuan teknologi informasi ini banyak sekali membantu bergulirnya kegiatan di masjid, sehingga aktivitas ibadah maupun non ibadah yang dilakukan di masjid berjalan dengan lancar. Sejumlah kegiatan yang mendapatkan kemudahan dengan melibatkan kemajuan teknologi informasi seperti pembuatan jadwal penceramah, penghitungan zakat, hingga sosialisasi kegiatan masjid yang menggunakan aplikasi mobile. Masalah yang dihadapi karena Perkembangan teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam kegiatan di rumah ibadah seperti Masjid bagi umat Islam. Kemajuan teknologi informasi ini banyak sekali membantu bergulirnya kegiatan di masjid setelah terjadinya pandemi Covid-19 yang dihadapi oleh banyak masjid. Misalnya: Berkurangnya jumlah jamaah, Kegiatan masjid menjadi terbatas, Kurangnya pendapatan zakat, infaq dan sodaqoh yang didapat, Tidak bisa membayar honor marbot dan petugas masjid, kemudian juga harus membeli kelengkapan kebersihan, disinfektan, masker, dan lain-lain susah komunikasi dengan pengurus dan jamaah, Kurangnya tenaga yang mengurus masjid, Usaha masjid terhambat/berhenti. Analisis yakni tahap I situasi dan kondisi Mitra, Tahap II pelatihan dan pendampingan, Tahap III Program Evaluasi dan Keberlanjutan. Manfaat yang dirasakan oleh pengguna DKM Masjid sebesar 80% -85% setuju dalam penggunaan aplikasi Smart Masjid.

Diterbitkan
2022-11-07