EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE PADA FOLLOWERS (@hanadaindonesia)

  • Nabila Oktapiana
  • Ilona Vicenovie Oisina Situmeang

Abstrak

Kemajuan teknologi yang semakin pesat telah mengubah cara komunikasi dari masa ke masa. Dalam era digital saat ini, TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang berkembang pesat dan digunakan oleh berbagai perusahaan, termasuk di industri skincare, untuk mempromosikan produk mereka. Landasan teori yang di gunakan dalam penelitian ini mengacu kepada Teori Determinisme Teknologi yang berasumsi bahwa teknologi adalah kekuatan kunci dalam mengatur masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang sebesar 100 responden aktif followers akun TikTok @Hanadaindonesia sebagai instrumennya. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling. Hasil dari penelitian ini terdapat nilai uji korelasi sebesar 0,798, kemudian uji koefesien determinasi sebesar 63,7% nilai regresi sebesar 14,731 dan hasil hipotesis di dapati t hitung > t tabel (13.120 > 1,9447). Maka disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas dalam penggunaan media sosial TikTok terhadap minat beli produk Hanada Indonesia.

Diterbitkan
2024-10-24