Pendampingan Anak-anak TPQ dalam Latihan Menulis Huruf Hijaiyah melalui Handbook Praktis

  • Fairuz Aida Medina STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Intan fayza Azzahra STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Moulindi Nabia Henima STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Syaffanah Adzani STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Zenny Diahafiza STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Muthi’ah Muthi’ah STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Nabilah Shofwatun Kamilah STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Sagita Bunga Maharyani STIT Hidayatunnajah, Bekasi
  • Ahmad Faoji STIT Hidayatunnajah, Bekasi

Abstrak

Kemampuan menulis huruf hijaiyah merupakan salah satu keterampilan penting dalam literasi Al-Qur’an yang perlu dilatih sejak dini. Namun, kenyataan di TPQ Daarul Huffaazh menunjukkan bahwa sebagian besar anak-anak masih mengalami kesulitan dalam menulis huruf hijaiyah, terutama ketika huruf berada pada posisi awal, tengah, dan akhir kata. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah anak-anak melalui penggunaan handbook praktis. Metode yang digunakan adalah pendampingan langsung selama dua minggu dengan total delapan kali pertemuan. Setiap pertemuan dirancang bertahap mulai dari pengenalan bentuk huruf, latihan tracing the dot, menulis mandiri, hingga kegiatan mewarnai huruf untuk memperkuat daya ingat visual dan menumbuhkan minat belajar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus, konsentrasi, serta kemampuan anak-anak dalam menulis huruf hijaiyah. Selain itu, kegiatan ini juga berdampak positif pada sikap belajar anak, di mana mereka menjadi lebih antusias, termotivasi, dan menunjukkan keinginan kuat untuk mampu menulis huruf hijaiyah dengan baik. Dengan demikian, penggunaan handbook praktis terbukti efektif dalam membantu anak-anak TPQ Daarul Huffaazh meningkatkan keterampilan menulis sekaligus semangat belajar mereka.

Diterbitkan
2025-11-04