Penguatan Pedagogik Guru dalam Menerapkan Media Pembelajaran pada Materi Integral Tentu Berbasis Aplikasi Geogebra
Abstrak
Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan pedagogik guru dalam memanfaatkan GeoGebra sebagai media pembelajaran integral tentu untuk memenuhi tuntutan keterampilan digital abad ke-21. GeoGebra membantu mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep integral yang abstrak melalui visualisasi interaktif. Pelatihan GeoGebra terbukti meningkatkan pemahaman guru dan kemampuan mereka merancang aktivitas pembelajaran visual, sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan guru lebih percaya diri. Meskipun terdapat tantangan teknis, integrasi GeoGebra menjadi langkah penting untuk memperkuat pembelajaran matematika sesuai Kurikulum Merdeka. Temuan ini menegaskan bahwa dukungan berkelanjutan sangat dibutuhkan agar pemanfaatan GeoGebra dapat berjalan optimal di sekolah. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi antar guru menjadi faktor penting dalam mempertahankan inovasi pembelajaran berbasis teknologi.
Kata kunci : Kemampuan pedagogik, GeoGebra, integral tentu, pembelajaran matematika, Kurikulum Merdeka, visualisasi interaktif

