Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan dan Konseling pada SMK Negeri 1 Losarang dan SMA Negeri 1 Tukdana Berbasis Android
Abstrak
SMKN 1 Losarang dan SMAN 1 Tukdana merupakan dua dari banyak sekolah
menengah atas di Kabupaten Indramayu. SMKN 1 Losarang beralamat di Jln. Raya
Pantura Losarang Desa Santing Kel. Jumbleng, Santing, Kec. Losarang, Kabupaten
Indramayu. Sedangkan SMAN 1 Tukdana berlokasi di Desa Karangkerta, Tukdana,
Kabupaten Indramayu. Bimbingan dan konseling yang berlangsung dikedua sekolah
ini sebelumnya masih dilakukan secara langsung dengan bertatap muka antara guru
dengan siswa pada jam istirahat. Waktu yang ada tidak seimbang dengan banyaknya
siswa di sekolah, sehingga banyak sekali siswa yang tidak dapat melakukan
bimbingan karena keterbatasan waktu yang ada. Tentunya hal ini kurang efisien
karena untuk kegiatan bimbingan konseling satu siswa saja dapat menghabiskan
banyak waktu. Selain itu, tidak sedikit siswa yang takut untuk memasuki ruangan
BK hanya untuk sekedar melakukan bimbingan. Hal tersebut membuat kurangnya
komunikasi antara Guru BK dan siswa sehingga seringkali Guru BK tidak
mengetahui keadaan siswa. Komunikasi adalah proses ketika beberapa orang saling
terhubung melalui suatu informasi. Dari permasalahan tersebut maka penulis
membangun suatu sistem Aplikasi Bimbingan dan Konseling pada SMK Negeri 1
Losarang dan SMA Negeri 1 Tukdana berbasis Android. Aplikasi ini dirancang
dengan menggunakan beberapa rancangan yaitu flowchart, UML, ERD, dan didesain
dengan menggunakan AdobeXd. Kemudian diimplementasikan menggunakan
bahasa pemrograman Dart yang dibuat dalam framework flutter. Aplikasi ini dibuat
berbasis android untuk memudahkan pengguna karena di zaman yang modern ini
hampir semua kalangan termasuk siswa dan guru memiliki smartphone android.
Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah metode Waterfall yang mana dalam
prosesnya dilakukan secara berurutan tanpa melewatkan urutan sebelumnya.
Pengujian dalam aplikasi ini dilakukan dengan metode black-box testing yang
berfokus pada fungsional perangkat lunak.