Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19

  • Andina Dwijayanti Politeknik LP3I Bandung
  • Puji Pramesti Politeknik LP3I Bandung
Keywords: Pemasaran, E-commerce, UMKM, Digital, Bisnis

Abstract

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil
Menengah) pempek beradek agar mampu mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi
covid-19 dengan mengembangkan umkm pempek4berdek menggunakan strategi
pemasaran yang lebih luas melalui media digital e-commerce yaitu memakai platform
online, media sosial, marketplace, google bisnis dll. Metodologi pelaksanaan yang
digunakan dalam penilitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data
berupa observasi secara langsung, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil
kegiatan dalam penelitian pada umkm pempek4beradek yaitu telah dibuatnya berbagai
macam pemasaran digital e-comerce dengan membuat platform online seperti website,
facebook, Instagram dan market place (sohpee, lazada dan tokopedia), diharapkan UMKM
dapat mempergunakannya semaksimal mungkin sehingga dapat memperluas jangkauan
penjualan, meningkatkan konsumen, adanyan kenaikan penjualan dan produknya dikenal
oleh masyarakat luas dan membuat konten tentang penjualan produk UMKM
pempek4berradek yang lebih kreatif di media sosial dan website.

Published
2020-11-10