PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISWORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI BISNIS DIGITAL PADA KONSENTRASI KEAHLIAN DI SMKS BUDI AGUNG T.A 2024/2025

  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Medan
  • Lenti Susanna Saragih Universitas Negeri Medan
Keywords: Media Pembelajaran Wordwall, ADDIE, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis
Wordwall pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis untuk siswa kelas XI Bisnis Digital di
SMKS Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan:
Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil analisis awal
menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya kurang interaktif,
mengakibatkan rendahnya ketercapaian hasil belajar siswa, di mana 55% siswa tidak
mencapai KKTP. Media pembelajaran Wordwall dirancang dengan dukungan platform
Google Sites dan Canva guna menyajikan materi secara visual dan kuis berbasis game
interaktif. Hasil validasi dari ahli menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat
layak digunakan, dengan skor kelayakan rata-rata 89%. Respon siswa terhadap penggunaan
media ini juga sangat positif, dengan skor rata-rata angket sebesar 82% yang tergolong
dalam kategori “sangat menarik”. Selain itu, efektivitas media diuji melalui peningkatan
hasil belajar kognitif siswa. Pada pertemuan pertama, rata-rata nilai pre-test sebesar 66,93
meningkat menjadi 86,07 pada post-test dengan N-Gain sebesar 0,60 (kategori sedang).
Pada pertemuan kedua, nilai pre-test sebesar 84,34 meningkat menjadi 99,03 pada posttest.
Peningkatan tersebut menghasilkan nilai N-gain sebesar 0,95 yang termasuk dalam
kategori tinggi”Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif berbasis Wordwall sangat layak, menarik, dan efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Wahyuni, S., & Saragih, L. S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISWORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI BISNIS DIGITAL PADA KONSENTRASI KEAHLIAN DI SMKS BUDI AGUNG T.A 2024/2025. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 380-389. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4831