PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, ADVERSITY QUOTIENT, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS XI BISNIS DARING PEMASARAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional, Adversity Quotient, dan Kemandirian
Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas XI BDP di SMK Negeri 7 Medan.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian ex post facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah
61 siswa dengan menggunakan total sampling sehingga sampel keseluruhan dari populasi yaitu 61 siswa. Teknik
pengumpulan data yakni observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Validitas instrumen dihitung dengan product moment
dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji
hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R²) dengan
pengolahan data menggunakan SPSS 25. Melalui hasil thitung = 9,943 lebih besar dari ttabel = 2,002 (9.943 > 2,002)
yakni menyatakan bahwa Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan terhadap Hasil Belajar siswa,
Adversity Quotient berpengaruh positif signifikan terhadap Hasil Belajar siswa dilihat dari nilai thitung = 4,986 lebih
besar dari ttabel = 2,002 (4,986 > 2,002) dan Kemandirian Belajar berpengaruh positif signifikan terhadap Hasil Belajar
siswa dilihat nilai thitung = 3,484 lebih besar dari ttabel = 2,002 (3,484 > 2,002). Analisis data uji F yaitu Fhitung = 45,087
lebih besar dari Ftabel = 2,77 (45,087 > 2,77) dan nilai R Square sebesar 0,704 atau mempunyai persentase kontribusi
sebesar 70,4% terhadap Hasil Belajar. Disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional, Adversity Quotient, dan
Kemandirian Belajar secara simultan terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap Hasil Belajar.