STRATEGIKOMUNIKASI PEDAGANG DURIAN UCOK: ANALISIS ELABORATION LIKELIHOOD MODEL

  • Fany Setya Rohani Br Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Maygel Maniar Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Peter Nov Barus Universitas Negeri Medan
  • Sarah Debora Sihaloho Universitas Negeri Medan
  • Sefin Sefin Universitas Negeri Medan
  • Danny Ajar Baskoro Universitas Negeri Medan
Keywords: Strategi Komunikasi, Elaboration Likelihood Model, Logat Medan, Komunikasi Rasional, Komunikasi Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pedagang Durian Ucok di
Medan dengan menggunakan pendekatan Elaboration Likelihood Model (ELM). Fokus utama
terletak pada bentuk argumen yang digunakan (rasional dan emosional) serta penggunaan logat
Medan dalam interaksi dengan konsumen. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui
analisis percakapan terhadap 30 transaksi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pedagang secara efektif menggabungkan jalur persuasi sentral dan periferal untuk membangun
kepercayaan dan mendorong keputusan pembelian. Penggunaan logat Medan berperan penting
dalam menciptakan kedekatan emosional dan memperkuat citra lokal usaha. Interaksi yang
terbangun menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi yang berbasis budaya lokal mampu
meningkatkan keterlibatan pelanggan secara signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi
pada pemahaman strategi komunikasi UMKM dalam bidang sosial-budaya yang khas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Br Simbolon, F. S. R., Simarmata, M. M., Barus, P. N., Sihaloho, S. D., Sefin, S., & Baskoro, D. A. (2025). STRATEGIKOMUNIKASI PEDAGANG DURIAN UCOK: ANALISIS ELABORATION LIKELIHOOD MODEL. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 476-485. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4870