PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNISKELAS XI PEMASARAN SMKN1 MEDAN

  • Dinda Herpina Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Novita Indah Hasibuan Universitas Negeri Medan
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Quizizz, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Menggunakan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis
Kelas XI Pemasaran SMKN 1 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
berupa Quasi Eksperimen. Quasi eksperimen yang digunakan yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan jumlah sampel 63 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, kuesioner/angket dan tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-Test yang
diolah menggunakan SPPS versi 25. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan
antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Quizizz Terhadap
Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas XI Pemasaran SMKN 1 Medan,
penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan media Quizizz lebih aktif dan memiliki
minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media tersebut.
Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan
keterlibatan siswa dan mendorong mereka untuk berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Hasibuan, D. H., & Hasibuan, N. I. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNISKELAS XI PEMASARAN SMKN1 MEDAN. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 492-500. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4879