Pengaruh Fasilitas Belajar dan Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa PadaMata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) SMK Negeri 6 Medan T.A. 2024/2025
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI MPLB
di SMKN 6 Medan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
fasilitas belajar dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB yang berjumlah 101 siswa. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian ex post facto dengan metode kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah
sampel yang diambil sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan skala
likert. Pengolahan data menggunakan software SPSS 25 dengan teknik analisis data
yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis linear berganda, dan uji
hipotesis berupa uji t, Uji F, koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil perhitungan
koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa, secara bersama-sama pengaruh
fasilitas belajar dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,636
atau setara dengan 63,6%. Selanjutnya, terlihat dari perbandingan antara nilai fhitung
> ftabel (57,628 > 3,14) atau 0,000 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa, ada
pengaruh signifikan secara simultan antara fasilitas belajar dan metode mengajar guru
terhadap hasil belajar siswa. Pada kolom beta (B) Uji t, angka pada fasilitas belajar
yaitu positif 0,216 dan metode mengajar guru yaitu positif 0,668. Sehingga dapat
disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan
metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sarpras kelas
XI MPLB SMKN 6 Medan T.A. 2024/2025.