Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kualitas Yang Dirasakan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Cafe Indomaret Point Coffe Semarang Di Kota Semarang

  • Najmi Falah Universitas Islam Sultan Agung, Kota Semarang
  • Siti Sumiati Universitas Islam Sultan Agung
Keywords: Pengalaman Pelanggan, Kualitas yang dirasakan, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Ulang

Abstract

Investigasi ilmiah ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Pengalaman Pelanggan, Persepsi
Kualitas, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Buyback dalam kerangka Caffe Indomaret Point
Coffee. Metodologi yang digunakan didasarkan pada paradigma kuantitatif, menggunakan
kuesioner terstruktur sebagai alat utama untuk akuisisi data. Temuan analitis menunjukkan bahwa
hanya konstruksi Kepuasan Pelanggan yang menunjukkan efek yang signifikan secara statistik
pada Niat Pembelian Kembali, sedangkan Pengalaman Pelanggan dan Kualitas yang Dirasakan
tidak menunjukkan pengaruh langsung yang substantif. Temuan ini menyiratkan bahwa, meskipun
konsumen mementingkan atribut seperti rasa, tekstur, dan keamanan produk, aspek emosional
yang terkait dengan kepuasan pasca-pembelian terutama mengatur keputusan untuk mengambil
bagian dalam perilaku pembelian kembali. Skor rata-rata terendah yang diidentifikasi dalam
indikator seperti tindakan, ambivalensi, dan rasa pencapaian menyoroti perlunya peningkatan
dalam menumbuhkan loyalitas konsumen. Oleh karena itu, strategi pemasaran harus dirancang
untuk meningkatkan kepuasan emosional konsumen untuk secara efektif memicu loyalitas dan niat
pembelian kembali yang konsisten.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Falah, N., & Sumiati, S. (2025). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kualitas Yang Dirasakan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Cafe Indomaret Point Coffe Semarang Di Kota Semarang. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 732-746. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4975