PENGARUH FOMO DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING SAAT LIVE STREAMING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP DI KOTA BINJAI

  • Najwa Athanya Universitas Negeri Medan
  • Lokot Muda Harahap Universitas Negeri Medan
Keywords: FOMO, sales promotion, impulse buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mejelaskan Pengaruh FOMO dan Sales
Promotion Terhadap Impulse Buying Saat Live Streaming Pada Pengguna TikTok Shop di
Kota Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna TikTok Shop di Kota Binjai
dengan jumlah sampel 130 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data untuk
penelitian ini adalah menggunakan observasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data
yang digunakan adalah model regresi linier berganda dan pengujian hipotesis uji t, uji f,
dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas dan asumsi klasik, penelitian ini menggunakan SPSS 25.0 for window untuk
mengolah data tersebut.Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) FOMO
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying, 2) Sales Promotion
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. Hasil analisis Adjusted R
Square 0,345 (34,5%) menyatakan bahwa FOMO dan Sales Promotion bersama-sama
mempengaruhi Impulse Buying. Hasil FOMO (X1) (koefisien: 0,383) dan Sales Promotion
(X2) (koefisien: 0,399) secara positif dan signifikan mempengaruhi Impulse Buying (Y)
Dapat disimpulkan dari analisis tersebut bahwa Impulse Buying Saat Live Streaming Pada
Pengguna TikTok Shop di Kota Binjai dipengaruhi oleh FOMO dan Sales Promotion

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Athanya, N., & Harahap, L. M. (2025). PENGARUH FOMO DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING SAAT LIVE STREAMING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP DI KOTA BINJAI. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 807-814. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4989