Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Yamaha Mio Di Arista Tajur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Yamaha Mio di Arista Tajur. Dengan jumlah Sampel 100 konsumen, latar belakang penelitian menunjukkan adanya permasalahan kepuasan konsumen yang belum optimal, ditandai oleh tidak tercapainya target penjualan dan tergolong rendahnya kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan Yamaha Mio di Arista Tajur yang dibuktikan melalui survei, wawancara dan data perbandingan kompetitor sejenisnya. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial, kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Temuan ini diperkuat oleh hasil uji koefisien determinasi (R²) yang menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan memberikan kontribusi signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.