Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Yamaha Mio Di Arista Tajur

  • Hindrawan Suprayogi Universitas Djuanda - Bogor
  • Endang Silaningsih Universitas Djuanda - Bogor
  • Chandra Ayu Pramestidewi Universitas Djuanda - Bogor
Keywords: Product Quality, Service Quality, Consumer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Yamaha Mio di Arista Tajur. Dengan jumlah Sampel 100 konsumen, latar belakang penelitian menunjukkan adanya permasalahan kepuasan konsumen yang belum optimal, ditandai oleh tidak tercapainya target penjualan dan tergolong rendahnya kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan Yamaha Mio di Arista Tajur yang dibuktikan melalui survei, wawancara dan data perbandingan kompetitor sejenisnya. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik  analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial, kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Temuan ini diperkuat oleh hasil uji koefisien determinasi (R²) yang menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan memberikan kontribusi signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Suprayogi, H., Silaningsih, E., & Pramestidewi, C. A. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Yamaha Mio Di Arista Tajur. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 836-847. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5015