Improving Students’ Language Use in Writing Recount Text Through Clustering Technique at Eight Grade of SMP Swasta Cinta Rakyat 2 Pematangsiantar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa siswa,
khususnya penggunaan simple past tense dalam menulis teks recount melalui teknik
clustering pada siswa kelas VIII SMP Swasta Cinta Rakyat 2 Pematangsiantar. Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan
melibatkan 24 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, strategi pembelajaran dan
materi dirancang. Pada tahap pelaksanaan, teknik clustering diterapkan untuk membantu
siswa mengorganisasi dan mengungkapkan ide. Tahap observasi dilakukan untuk
memantau partisipasi, keterlibatan siswa, dan hasil tes. Tahap refleksi digunakan untuk
mengevaluasi efektivitas pembelajaran. Pada siklus I, hanya 29,16% siswa yang mencapai
kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 51,62. Setelah perbaikan pada siklus II, sebanyak
91,66% siswa berhasil dengan rata-rata nilai 82,75. Hasil menunjukkan peningkatan sebesar 60,30%, membuktikan bahwa teknik clustering efektif dalam meningkatkan
penggunaan bahasa siswa dalam menulis teks recount.