IMPROVING STUDENT’S LISTENING COMPREHENSION THROUGHT THE AUDIO-LINGUAL METHOD OF TENTH GRADE AT SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa
kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar melalui penerapan teknik dikte. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam
pemahaman menyimak siswa. Pada pre-test, hanya 8 siswa (26,6%) yang mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah siklus pertama, jumlah tersebut meningkat menjadi
17 siswa (56,6%), dan pada siklus kedua, sebanyak 26 siswa (86,6%) mencapai KKM.
Peningkatan ini menunjukkan bahwa teknik dikte efektif dalam meningkatkan kemampuan
siswa memahami bahasa Inggris lisan. Teknik ini juga mendorong partisipasi aktif dan
meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, teknik dikte
direkomendasikan sebagai metode yang berguna untuk meningkatkan keterampilan
menyimak dalam pembelajaran bahasa Inggris.