PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DI SMK NEGERI 6 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan multimedia
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI
jurursan manajemen perkantoran di SMK Negeri 6 Medan. Penggunaan memiliki
arti proses, cara perbuatan memakai sesuatu, atau pemakaian. Multimedia
pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong proses belajar. Sementara itu,
motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal yang mendorong siswa
untuk mencapai tujuan belajar mereka.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan manajemen perkantoran
di SMK Negeri 6 Medan yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data
dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data menggunakan regresi
linear berganda. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen variabel
multimedia pembelajaran memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,639, motivasi
belajar sebesar 0,611, dan hasil belajar sebesar 0,712