PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. GABRIEL BUAH PASAR RAYA MMTC KOTA MEDAN

  • Vannisa May Absha Simaremare Universitas Negeri Medan
  • Lokot Muda Harahap Universitas Negeri Medan
Keywords: Variasi Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Variasi Produk dan Kualitas
Produk memengaruhi keputusan pembelian konsumen di UD. Gabriel Buah yang
berlokasi di Pasar Raya MMTC Kota Medan. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 94 konsumen yang dipilih
menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui
kuesioner, sementara analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda
dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Variasi Produk (X1) dan Kualitas Produk (X2) masing-masing memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Selain itu, secara
bersama-sama kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan dengan
koefisien determinasi (R²) sebesar 0,410. Hal ini mengindikasikan bahwa 41%
variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh Variasi Produk dan
Kualitas Produk, sedangkan sisanya 59% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-30
How to Cite
Simaremare, V. M. A., & Harahap, L. M. (2025). PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. GABRIEL BUAH PASAR RAYA MMTC KOTA MEDAN. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 1713-1719. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5250