IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM PADA MALUNGOEN.ID DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN BRAND TRUST
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan social media marketing pada akun Instagram
@malungoen.id dalam upaya meningkatkan brand awareness dan brand trust. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh rendahnya frekuensi unggahan konten serta minimnya interaksi audiens yang
berdampak pada rendahnya brand awareness dan brand trust Malungoen.id. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui analisis Instagram
Insight yang diperkuat dengan wawancara bersama pemilik usaha, ahli media, dan beberapa
informan pendukung. Selain itu, dilakukan penilaian validasi oleh ahli media terhadap kelayakan
konten yang dipublikasikan, serta penyebaran kuesioner kepada audiens untuk menilai kualitas dan
penerimaan konten Instagram @malungoen.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
social media marketing melalui publikasi 15 konten mampu meningkatkan performa akun secara
signifikan. Berdasarkan penilaian ahli media, konten memperoleh skor kelayakan sebesar 88,57%
dengan kategori sangat layak. Dari hasil Insight, Account reach meningkat sebesar +2.919,7%,
sehingga semakin banyak pengguna yang mengetahui keberadaan Malungoen dan berkontribusi
terhadap peningkatan brand awareness. Hasil wawancara juga mendukung temuan tersebut melalui
konsistensi penyajian konten dan visual yang khas. Engagement rate meningkat dari 3,04% menjadi
17,61%, yang menunjukkan peningkatan brand trust. Hasil wawancara, Malungoen dinilai
menunjukkan kepedulian terhadap konsumen, serta bersikap terbuka dalam menyampaikan
informasi melalui konten, sehingga citra positif yang terbentuk semakin memperkuat brand trust
terhadap Malungoen. Dengan demikian, implementasi social media marketing Instagram
berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan brand awareness dan brand trust
Malungoen.id.
 
							



 
  
  
 
  
   
   