PENGARUH PROMOSI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM CEMILCEMILKU DI PEMATANGSIANTAR

  • Yesha Artika Galy Universitas Negeri Medan
  • Agus Rahmadsyah Universitas Negeri Medan
Keywords: Promosi Media Sosial Instagram, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain adalah: Untuk mengetahui pengaruh
promosi sosial media Instagram terhadap keputusan pembelian UMKM Cemil
Cemilku di Pematang Siantar. Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap
keputusan pembelian UMKM Cemil Cemilku di Pematang Siantar. Untuk
mengetahui pengaruh promosi sosial media Instagram dan inovasi produk terhadap
keputusan pembelian UMKM Cemil Cemilku di Pematang Siantar. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 50 orang pelanggan di Cemil Cemilku. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian
ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif dan analisis desktiptif kuantitatif.
Teknik analisis data yang digunakan diantaranya uji regresi linier berganda, uji
normalitas, uji t, uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian untuk uji t pada variabel
promosi sosial media instagram sebesar 1.799 > ttabel dengan dk = n-2 (50-2-1=47)
sebesar 2.01174 atau taraf signifikan 0,000 > α 0,05, maka H0 ditolak dan H1
diterima, artinya promosi sosial media instagram berpengaruh terhadap keputusan
pembelian Hasil uji t pada variabel inovasi produk sebesar 24,287 > ttabel dengan
dk = (50-2-1=47) sebesar 2.01174 atau taraf signifikan 0,052 < α 0,05, maka H0
ditolak H1 ditolak artinya inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan
pembelian. Dan untuk hasil uji f diperoleh nilai 770.169 > Ftabel sebesar 3,20 atau
dengan signifikan 0,000 < α 0,05, artinya promosi sosial media instagram dan
inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-01
How to Cite
Galy, Y. A., & Rahmadsyah, A. (2025). PENGARUH PROMOSI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM CEMILCEMILKU DI PEMATANGSIANTAR. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(3), 878-886. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5757