ANALISIS ORIENTASI PASAR UMKM ALAS KAKI CIOMAS SEBAGAI PREDIKTOR UTAMA KINERJA BISNIS

  • Mohammad Noorman Mulyadi
  • Sinta Listari
Keywords: Orientasi pasar, UMKM Ciomas, Kinerja bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran akan perolehan dan diseminasi
informasi dinamika pasar, yang dilakukan oleh UMKM pengrajin alas kaki Ciomas dan
bagaimana mereka kemudian merespon akan informasi tersebut. Penelitian ini juga bertujuan
untuk menguji kinerja bisnis dari UMKM Ciomas, melalui pengukuran capaian kinerja usaha
secara subjektif, dalam perspektif orientasi pasar. Orientasi pasar ini dibentuk oleh tiga konstruk
utama, yakni generation, dissemination dan responsiveness terkait informasi pasar.
Populasi adalah seluruh UMKM pengrajin alas kaki yang berada di wilayah Kecamatan
Ciomas Bogor, dengan ukuran sampel 100 responden. Sampel penelitian dipilih dengan
menggunakan teknik non probabilitas, tepatnya adalah teknik penarikan sampel convenience.
Data primer dikumpulkan dengan menggunakan instrument angket dan analisis data
menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa UMKM Ciomas telah cukup baik dalam
menggunakan perangkat teknologi informasi, dalam upaya untuk menghasilkan,
mendiseminasikan informasi pasar. UMKM Ciomas juga cukup baik dalam merespon dinamika
pasar yang terjadi. Capaian kinerja bisnis dari UMKM Ciomas yang diukur secara subjektif,
kinerjanya berhasil dipersepsikan meningkat dibandingkan pada periode sebelumnya.

Published
2019-11-14