Pengaruh Citra Merek, Keragaman Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk Cabang Jakarta Selatan

  • Diah Ayu Ardianti
  • Imelda Aprileny
  • Jayanti Apri Emarawati
Keywords: Citra merek, keragaman produk, kualitas produk, harga, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh citra merek,
keragaman produk, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada
Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk cabang Jakarta Selatan. Penelitian ini
mengunakan koefisien korelasi dan determinasi baik secara parsial maupun
simultan dan pengujian hipotesis sebagai alat analisis data, dengan mengumpulkan
data primer melalui kuesioner. Populasi dalam menggunakan metode non
probability sampling dengan teknik purposive sampling dimana sampel sebanyak
98 responden. Data diambil selama bulan Mei-Juni 2018.
Berdasarkan perhitungan dan hasil statistik dengan menggunakan SPSS 22,
maka koefisien determinasi parsial citra merek (X1) terhadap keputusan pembelian
(Y) sebesar 4,66%. Hasil koefisien determinasi parsial keragaman produk (X2)
terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 9,61%. Hasil koefisien determinasi
parsial kualitas produk (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 8,82%.
Adapun hasil koefisien determinasi parsial harga (X4) terhadap keputusan
pembelian (Y) sebesar 0,50%. Hasil penelitian koefisien determinasi simultan
dapat diartikan, keputusan pembelian konsumen Ayam Tulang Lunak Hayam
Wuruk cabang Jakarta Selatan dipengaruhi oleh citra merek, keragaman produk,
kualitas produk dan harga sebesar 43,6%, sisanya sebesar 56,4% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Published
2020-11-11