Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan perpajakan, ketegasan sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM sektor kuliner yang bermitra dengan Platform Gojek yang berada di wilayah DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 74 UMKM e-commerce yang memanfaatkan platform Gojek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu metode penyebaran kuesioner melalui google form menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan program perangkat lunak SmartPLS versi 3.3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan dan ketegasan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce khususnya pada platform gojek. Sedangkan kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce khususnya pada platform gojek.