Keputusan Pembelian Produk Laptop Acer di Era Covid-19

  • Fadlan Auliya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Miguna Astuti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Pusporini Pusporini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek

Abstract

Meningkatnya permintaan terhadap produk laptop dimulai sejak
diberlakukannya aturan Work From Home (WFH) selama pandemi covid-19.
Merek merupakan salah satu atribut penting yang berperan dalam pengambilan
keputusan pembelian suatu produk. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk laptop Acer.
Sebanyak 100 responden yang merupakan pembeli atau pengguna produk laptop
Acer di wilayah provinsi DKI Jakarta berperan sebagai sampel dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan diolah dengan
menggunakan smartPLS. Adapun hasil penelitian menunjukan uji t kesadaran
merek (X1) thitung = 1.788 > ttabel = 1.661, asosiasi merek (X2) thitung = 1.457 < ttabel =
1.661, persepsi kualitas (X3) thitung = 0.379 < ttabel = 1.661, loyalitas merek (X4) thitung
= 1.441 < ttabel = 1.661, dan Fhitung = 26 > Ftabel = 2.0049. Kesimpulannya adalah
kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2), perespsi kualitas (X3), dan loyalitas
merek (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk laptop Acer.

Published
2021-11-04