Implementasi Agilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Produk Tekstil pada Masa Pandemi Covid-19

  • Denada Faraswacyen L. Gaol Universitas Budi Luhur
  • Erna Maulina Universitas Padjadjaran
  • Muhamad Rizal Universitas Padjadjaran
  • Margo Purnomo Universitas Padjadjaran
Keywords: agilitas, UKM, pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan agilitas yang dilakukan oleh pelaku Usaha
Kecil dan Menengah (UKM) produk tekstil di Tangerang pada masa pandemi Covid-19. Agilitas
merupakan kemampuan organisasi bertindak dengan cepat bahkan ekstrim untuk melakukan
penyesuaian pada kondisi atau perubahan eksternal yang tidak dapat diprediksi sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, jenis data yang
digunakan adalah data primer dengan melakukan wawancara kepada informan dan data sekunder
melalui studi pustaka, dan teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
agilitas yang dilakukan oleh UKM untuk tetap menjaga keberlangsungan usaha pada masa
pandemi Covid-19 ada tiga yaitu: agilitas pelanggan adalah melibatkan pelanggan dalam
perencanaan produk, melakukan inovasi berdasarkan informasi dari pelanggan, dan melibatkan
pelanggan sebagai promotor, agilitas operasi adalah tindakan efisiensi, akurasi, dan kelincahan
dalam menjalankan usaha, dan agilitas networking adalah menignkatkan kemampuan usaha
melalui kerja sama dengan rekanan/mitra.

Author Biography

Erna Maulina, Universitas Padjadjaran

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan agilitas yang dilakukan oleh pelaku Usaha
Kecil dan Menengah (UKM) produk tekstil di Tangerang pada masa pandemi Covid-19. Agilitas
merupakan kemampuan organisasi bertindak dengan cepat bahkan ekstrim untuk melakukan
penyesuaian pada kondisi atau perubahan eksternal yang tidak dapat diprediksi sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, jenis data yang
digunakan adalah data primer dengan melakukan wawancara kepada informan dan data sekunder
melalui studi pustaka, dan teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
agilitas yang dilakukan oleh UKM untuk tetap menjaga keberlangsungan usaha pada masa
pandemi Covid-19 ada tiga yaitu: agilitas pelanggan adalah melibatkan pelanggan dalam
perencanaan produk, melakukan inovasi berdasarkan informasi dari pelanggan, dan melibatkan
pelanggan sebagai promotor, agilitas operasi adalah tindakan efisiensi, akurasi, dan kelincahan
dalam menjalankan usaha, dan agilitas networking adalah menignkatkan kemampuan usaha
melalui kerja sama dengan rekanan/mitra.

Published
2021-11-05