Analisis Kualitas Produk Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Samsung Galaxy Seri A
Abstract
Salah satu produsen smartphone terbesar di dunia adalah Samsung. Merek ini memiliki reputasi
yang besar di kalangan masyarakat karena sering menciptakan produk yang berkualitas, terjangkau,
dan bervariasi. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk menganalisa kualitas produk, harga,
dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada produk Samsung Galaxy seri A. Pendekatan
penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif serta datanya diambil melalui kuisioner yang
disebar kepada 100 responden yang memiliki produk Samsung Galaxy seri A. Pengumpulan data
dilakukan menggunakan Google Form dengan purposive sampling. Analisis yang dilakukan dalam
penelitian ini menggunakan Aplikasi SmartPLS versi 4.0 dan metode three-box. Hasil penelitian
yang didapatkan bahwa (1) kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, (2) harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, dan (3) citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan.
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Harga, Citra Merek