Persepsi Konsumen dalam Memediasi Hubungan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Industri Kreatif Sektor Kuliner

  • Marwan Effendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis Indonesia
  • Andi Primafira B. Eka Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis Indonesia
Keywords: Keputusan Pembelian, Persepsi Konsumen, Promosi

Abstract

Penelitian dilakukan selama bulan Juli - Agustus 2023, dengan tujuan untuk mendapatkan kajian
mendalam pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, dengan persepsi konsumen sebagai
mediasi. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif dan verifikatif, penelitian dilakukan pada
Signal Coffee Depok Jawa Barat, subjeknya adalah pembeli dengan ukuran sampel sebesar 100
responden dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup
dengan 3 variabel konstruk Promosi (PR), Persepsi Konsumen (PK) dan Keputusan Pembelian (KP).
Analisis konstruk dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Square
(PLS), pengujian instrumen dengan outer model dan pengujian model dengan inner model. Dengan
hasil H1: Promosi berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Konsumen, H2: Promosi tidak
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian secara langsung, H3: Persepsi Konsumen
tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian ditolak, H4: Promosi berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian dimediasi Persepsi Konsumen.


Kata kunci : Keputusan Pembelian, Persepsi Konsumen, Promosi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-01
How to Cite
Effendi, M., & B. Eka, A. P. (2024). Persepsi Konsumen dalam Memediasi Hubungan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Industri Kreatif Sektor Kuliner. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(1), 210-219. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1.3306