PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY (TEFA) TERHADAP PENGUASAAN SOFT SKILL DAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII BISNIS RITEL MATA PELAJARAN PENGELOLAHAN BISNIS RITEL DI SMK NEGERI 13 MEDAN T.A 2024/2025
Abstract
Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory (TEFA)
terhadap Penguasaan Soft Skill dan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Bisnis Ritel pada Mata
Pelajaran Pengelolahan Bisnis Ritel di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2 024/2025. Penelitian
ini menggunakan Metode Pre Experimental Design dengan Desain penelitian yang digunakan adalah
One Group Pre Pre-Test – PostPost-Test. Sampel Penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas XII Bisnis
Ritel sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model
TEFA terhadap penguasaan soft skill siswa, dengan nilai ilai thitung > ttabel (6,484 > 1,697). Hal
ini menunjukkan bahwa TEFA mampu meningkatkan kemampuan komunikasi, kerja sama,
tanggung jawab, adaptasi , dan kejujuran siswa. Namun, pada variabel kesiapan kerja, hasil uji
Wilcoxon menunjukkan nilai Z sebesar -4.866 dengan signifikansi < 0,05, yang berarti tidak terdapat
pengaruh signifikan model TEFA terhadap kesiapan kerja siswa. Namun, hasil ini tidak
mengindikasikan bahwa Model Pembelajaran Teaching Factory tidak efektif, Pengaruh signifikan
terhadap Kesiapan Kerja siswa mungkin dipengaruhi oleh berbagai faktor lain Seperti Minat,
Motivasi dan Karakteristik Siswa.