PENGARUH DISIPLIN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAS XI MPLB SMK PAB 2 HELVETIA T.A 2024/2025

  • Ayu Hafizah Universitas Negeri Medan
  • Ellys Siregar Universitas Negeri Medan
Keywords: Disiplin, Gaya Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh disiplin dan gaya belajar terhadap
hasil belajar siswa pada elemen pengelolaan sumber daya manusia kelas XI MPLB SMK PAB 2
Helvetia. Jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 74 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel populasi dengan
jumlah sampel sebanyak 74 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitias
menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis Parsial (Ujit),
Uji Simultan (Uji-f) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil Uji-t menunjukkan bahwa disiplin
berpengaruh signifikan dengan perolehan Nilai t-hitung disiplin belajar sebesar 2.799 > nilai t-tabel
sebesar 1.994 atau nilai signifikansi sebesar 0.045 < alpha (0.05). Gaya belajar berpengaruh
signifikan dengan Nilai t-hitung gaya belajar sebesar 2.362 > nilai t-tabel sebesar 1.994 atau nilai
signifikansi sebesar 0.040 < alpha (0.05). Kemudian hasil Uji-f Nilai f-hitung disiplin belajar dan
gaya belajar sebesar 3.934 > nilai f-tabel sebesar 3.126 atau nilai signifikansi sebesar 0.000 < alpha
(0.05). Kemudian untuk Koefisien Determinasi diperoleh R Square sebesar 0,250 atau 25%. Hal ini
berarti hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh signifikan Disiplin Dan Gaya Belajar Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Elemen Pengelolaan Sumber Daya Manusia Kelas XI MPLB SMK PAB
2 Helvetia T.A 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Hafizah, A., & Siregar, E. (2025). PENGARUH DISIPLIN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAS XI MPLB SMK PAB 2 HELVETIA T.A 2024/2025. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 470-475. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4869