PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DAN PENGGUNAAN (CHATGPT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP PADA MATA PELAJARAN SARANA DAN PRASARANA DI SMKS DEWI SARTIKA BILAH

  • Santia Devima Universitas Negeri Medan
  • Hasyim Hasyim Universitas Negeri Medan
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dan Penggunaan AI (CHATGPT) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah
(Pbl) Dan Penggunaan AI (CHATGPT) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di Penerapan Pembelajaran
Berbasis Masalah (PBL) Dan Penggunaan AI (CHATGPT) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil
Belajar Siswa dengan populasi siswa dan sampel yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 57 siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah angket untuk motivasi belajar sebanyak 16 instruumen dan tes hasil belajar
dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat
kesukaran tes dan uji daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,
uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian melalui uji hipotesis menunjukkan bahwa
(1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dan
Penggunaan AI (CHATGPT) terhadap Motivasi belajar siswa dengan nilai sig (0.000 <0.05) dan dan
thitung>ttabel dengan perhitungan (6.668>1.668). (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dan Penggunaan AI (CHATGPT) terhadap hasil Belajar
siswa dengan nilai sig (0.000 <0.05) dan dan thitung>ttabel dengan perhitungan (4.984>1.668).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBL) Dan Penggunaan AI (CHATGPT) terhadap Motivasi belajar dan hasil belajar siswa
Pada Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Di SMKS Dewi Sartika Bilah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Devima, S., & Hasyim, H. (2025). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DAN PENGGUNAAN (CHATGPT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP PADA MATA PELAJARAN SARANA DAN PRASARANA DI SMKS DEWI SARTIKA BILAH. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 576-582. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4912