Strategi Green Marketing Berbasis Syariah pada Budidaya Tambak dalam Pengembangan Ekonomi Lokal Desa Latonro Kec. Cenrana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan prinsip-prinsip ekonomi syariah dalam aktivitas usaha budidaya tambak yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Latonro, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone. Fokus utama penelitian ini meliputi dua faktor, yaitu faktor internal (modal, sumber daya manusia, dan sarana prasarana) dan faktor eksternal (harga pasar dan kebijakan pemerintah desa). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku usaha tambak, masyarakat sekitar, dan aparat desa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi green marketing berbasis syariah di budidaya tambak Desa Latonro menunjukkan sinergi prinsip keberlanjutan lingkungan dan nilai Islam dalam praktik ekonomi lokal, dengan metode budidaya alami dan ramah lingkungan yang sesuai konsep thayyib dan maqashid syariah, serta memberikan efisiensi ekonomi melalui pengurangan biaya produksi dan (2) hambatan penerapan strategi ini berasal dari faktor internal seperti keterbatasan modal dan minimnya pengetahuan pemasaran modern, serta faktor eksternal seperti fluktuasi harga pasar, risiko iklim, dan persaingan usaha besar. Dukungan pemerintah dan peluang pasar membuka ruang perbaikan, namun dibutuhkan sinergi pelaku usaha, pemerintah, dan pemangku kepentingan untuk mengatasi kendala agar strategi dapat berhasil dan berdampak positif pada pengembangan ekonomi lokal.