PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DENGAN BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN SMK SWASTA BINA SATRIA MARELAN T.A 2024/2025

  • Reza Setiawan Universitas Negeri Medan, Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Negeri Medan, Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa
Kelas X MP mata pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan di SMK Swasta Bina Satria
Marelan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan desain non equivalent control group dengan memberikan pretest dan
posttest. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MP 1 yang berjumlah 33 siswa dan
kelas X MP 2 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes
hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan video pembelajaran. Ini dibuktikan dengan
peningkatan signifikan rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen (dari 55,25
menjadi 81,38) dibandingkan dengan kelas kontrol (dari 55,39 menjadi 62,79).
Peningkatan ini juga diperkuat dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai
signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini
mengindikasikan adanya perubahan rata-rata dan peningkatan hasil belajar siswa
yang signifikan antara pre-test dan post-test di kelas eksperimen, sehingga hipotesis
alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan video pembelajaran secara signifikan memengaruhi dan meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-24