PENGARUH KEUNIKAN PRODUK DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MIHUN CAP JEMPOL CV. SINAR JAYA PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keunikan Produk dan Word of Mouth
terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk Mihun CV. Sinar Jaya
Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
populasi seluruh konsumen Mihun CV. Sinar Jaya, sedangkan sampel ditentukan
menggunakan teknik tertentu sesuai kriteria penelitian. Data diperoleh melalui kuesioner
dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel Keunikan Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Word of Mouth (X2) juga berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan, Keunikan Produk dan
Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai
koefisien determinasi (R²) sebesar 0,623. Hal ini berarti bahwa 62,3% variasi Keputusan
Pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen tersebut, sedangkan sisanya
37,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.