Efisiensi Administrasi Sekolah Ditinjau Dari Kompetensi Dan Beban Kerja Pegawai
Abstract
ABSTRAK
Administrasi sekolah merupakan aspek penting daam mendukung keberhasilan proses Pendidikan. Efisiensi administrasi dipengaruhi oleh kompetensi pegawai dan beban kerja yang dihadapi. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi dan beban kerja terhadap efisiensi administrasi sekolah di Madrasah Aliyah Ulul Ilmi Jakarta Timur. Metode ini menggunakan observasi deskriptif dengan subjek pegawai tata usaha. Data dikumpulkan menggunakan observasi langsung dan dokumentasi. Hasil penulisan menunjukkan bahwa kompetensi pegawai administrasi tergolong baik, tetapi beban kerja yang tinggi menghambat efisiensi. Kondisi ini berdampak pada keterlambatan penyelesaian beberapa pekerjaan administrasi. Kesimpulan obsetvasi ini adalah efisiensi administrasi dipengaruhi oleh kombinasi kompetensi dan beban kerja. Manajemen pembagian tugas yang lebih proposional diperlukan agar kinerja administrasi sekolah lebih optimal.
ABSTRACT
School administration is an essential aspect in supporting the success of the educational process. Administrative efficiency is influenced by employees’ competence and workload. This study aims to examine the relationship between competence and workload on administrative efficiency at Madrasah
Aliyah Ulul Ilmi Jakarta Timur. The research method used is descriptive observation with administration staff as the subject. Data were collected through direct observation and documentation, then analyzed descriptively. The results showed that the competence of administrative staff was generally good, but high workload hindered efficiency. This condition caused delays in completing several administrative tasks. The conclusion of this study is that administrative efficiency is affected by both competence and workload. A more proportional workload management is needed to optimize school administration performance.
 
							



 
  
  
 
  
   
   