Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Soto Gebrak di Tebet, Jakarta Selatan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Pelanggan Soto Gebrak di Tebet, Jakarta Selatan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh ketatnya persaingan industri kuliner serta tantangan yang dihadapi Soto Gebrak dalam menjaga konsistensi cita rasa, menetapkan harga yang sesuai dengan nilai produk, dan keterbatasan lahan parkir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 98 responden. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 3 dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan nilai R-square sebesar 77,1%, yang berarti kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas produk, persepsi harga, dan lokasi usaha sebesar 77,1%, sedangkan sisanya sebesar 22,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai T hitung 2,769 > 1,96 dan p-value 0,003 < 0,05. Persepsi harga berpengaruh positif dan berpengaruh secara signifikan dengan T hitung 2,068 > 1,96 dan p-value 0,020 < 0,05. Lokasi usaha juga berpengaruh positif dan signifikan dengan T hitung 3,696 > 1,96 dan p-value 0,000 < 0,05.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Lokasi Usaha berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.
ABSTRACT
This study aims to analyze the influence of product quality, price perception, and business location on customer satisfaction at Soto Gebrak in Tebet, South Jakarta. The background of this research is driven by the intense competition in the culinary industry and the challenges faced by Soto Gebrak in maintaining consistency of taste, setting prices in accordance with product value, and addressing limited parking space. This research employed a quantitative approach through the distribution of questionnaires to 98 respondents. Data were analyzed using SmartPLS 3 software with the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results showed an Rsquare value of 77.1%, indicating that customer satisfaction can be explained by product quality, price perception, and business location by 77.1%, while the remaining 22.9% is influenced by other factors beyond the model. Product quality has a positive and significant effect on customer
satisfaction with a T-statistic value of 2.769 > 1.96 and a p-value of 0.003 < 0.05. Price perception also has a positive and has a significant effect with a T-statistic of 2.068 > 1.96 and a p-value of 0.020 < 0.05. Business location has a positive and significant effect with a T-statistic of 3.696 > 1.96 and a p-value of 0.000 < 0.05. Therefore, it can be concluded that product quality, price perception, and business location have a significant influence on customer satisfaction.
 
							



 
  
  
 
  
   
   