Modeling Nilai Perusahaan Berbasis Manajemen Laba Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di BEI

  • Yusdianto Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Dwi Sihono Raharjo Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Luqman Hakim Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Ukuran perusahaan, Leverage, Nilai Kurs, Suku Bunga, Manajemen laba dan Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dari variabel-variabel yang
mempengaruhi Nilai Perusahaan dengan Intervening Manajemen Laba Pada Perusahaan Otomotif
Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 – 2020. Adapun riset disertasi ini metode
berupa riset kuantitatif asosiatif kausal. Populasi adalah 20 perusahaan Otomotif dan sampel
terdapat 15 perusahaan periode 2016-2020. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling.
Penggunaan metode dalam uji hipotesis ini adalah analisis regresi data panel diolah menggunakan
software eviews 10 dengan uji-t kemudian uji-f dengan tingkat signifikan lima persen serta uji
koefisien determinasi. Hasil penelitian determinan Manajemen Laba menunjukkan bahwa secara
simultan variable ukuran perusahaan, leverege, nilai tukar dan su ku bunga berpengaruh positif &
significan terhadap Manajemen laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode tahun 2016-2020. Hasil penelitian berupa implikasi terhadap nilai perusahaan
menunjukkan bahwa secara simultan variable ukuran perusahaan, leverage, nilai kurs, suku bunga
dan manajemen laba berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan pada
perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2020.
Koefisien determinasi Manajemen laba dengan Adjusted R- Square sebesar 79,77% sedangkan
implikasi nilai perusahaan dengan Adjusted R- Square sebesar 79,38%. Perusahaan dengan nilai
sensitifitas terbesar terhadap manajemen laba. Pentingnya manajemen laba diterapkan oleh
perusahaan sebagai upaya untuk dapat mengintegrasikan laporan keuangan yang benar serta untuk
terus meningkatkan nilai perusahaan.

This study aims to determine and analyze the variables that influence Company Value with Profit
Management Intervening in Automotive Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange for
the 2016-2020 Period. The dissertation research This method is a causal associative quantitative
research. The population is 20 Automotive companies and the sample consists of 15 companies for
the 2016-2020 period. The sample was taken based on purposive sampling . The method used in
this hypothesis test is data regression analysis . The panel is processed using eviews 10 software
with a t-test then an f-test with a significance level of five percent and a determination coefficient
test. The results of the study of Earnings Management determinants show that simultaneously the
variables of company size, leverage , exchange rate and su interest rates have a positive and
significant effect on earnings management in automotive companies the Indonesia Stock Exchange
period 2016-2020 . The results of the study in the form of implications for company value indicate
that simultaneously the variables of company size, leverage , exchange rate, interest rate and
earnings management have a positive and significant effect on company value in companies
Automotive on the for the period 2016-2020 . The coefficient of determination for earnings
management with an adjusted R-square of 79.77%, while the company's value implications with
an adjusted R-square of 79.38%. Companies with the highest sensitivity to earnings management.
The importance of earnings management is implemented by companies as an effort to integrate
accurate financial reports and to continuously increase company value.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2026-03-02
How to Cite
Yusdianto, Dwi Sihono Raharjo, & Luqman Hakim. (2026). Modeling Nilai Perusahaan Berbasis Manajemen Laba Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di BEI. IKRAITH-EKONOMIKA, 9(1), 133-143. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v9i1.5504