Peran Curiosity dalam Meningkatkan Financial Well-Being Mahasiswa
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui pengaruh curiosity terhadap financial wellbeing
mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2022 Universitas Wahid Hasyim
Semarang. Latar belakang penelitian ini berakar pada kondisi ekonomi global dan nasional yang
menekan kesejahteraan mahasiswa, terlihat dari melonjaknya biaya hidup dan kebutuhan dasar
yang berdampak pada tekanan keuangan serta pencapaian akademis mahasiswa. Curiosity
dianggap sebagai salah satu elemen psikologis yang mampu mendorong individu untuk mencari
informasi, pengetahuan, dan strategi dalam mengelola keuangan, sehingga berpotensi
meningkatkan financial well-being. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan
melibatkan 56 mahasiswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner,
kemudian dianalisis dengan regresi linear. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa curiosity
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap financial well-being dengan nilai t sebesar 3,395
dan signifikansi 0,001 (< 0,05). Nilai R Square sebesar 0,176 menandakan bahwa curiosity
berkontribusi sebesar 17,6% terhadap financial well-being, adapun 82,4% dipengaruhi oleh
determinan lain yang berada di luar lingkup studi ini.
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of curiosity on the financial well-being of
Management Study Program students, Class of 2022, Wahid Hasyim University, Semarang. The
background of this study is rooted in global and national economic conditions that put pressure on
student welfare, as seen from the soaring cost of living and basic needs that impact financial
pressure and student academic achievement. Curiosity is considered a psychological element that
can encourage individuals to seek information, knowledge, and strategies in managing finances,
thus potentially improving financial well-being. This study applied a quantitative approach
involving 56 students as a sample. Data collection was carried out through a questionnaire, then
analyzed using linear regression. The results indicated that curiosity has a positive and significant
influence on financial well-being with a t-value of 3.395 and a significance of 0.001 (<0.05). The
R Square value of 0.176 indicates that curiosity contributes 17.6% to financial well-being, while
82.4% is influenced by other determinants outside the scope of this study.


