Pengaruh Kemudahan Penggunaan BRI Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada BRI Unit Jatibarang 1 Brebes)
Abstract
ABSTRAK
Seberapa puaskah pengguna aplikasi mobile banking BRI berdasarkan kemudahan penggunaan
aplikasi tersebut? Itulah pertanyaan yang ingin dijawab oleh penelitian ini. Data dianalisis
menggunakan regresi linier dasar, dan metodologinya kuantitatif dan berbasis survei. Hasil
penelitian diperoleh dari sampel purposive 45 konsumen BRI Unit Jatibarang 1 Brebes. Kepuasan
pelanggan dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kesederhanaan penggunaan aplikasi.
Menurut data, pelanggan lebih puas dengan suatu produk jika mereka merasa mudah digunakan
dan dipahami. Hasilnya menyoroti pentingnya desain aplikasi yang intuitif dan mudah dinavigasi
serta kegunaan berkelanjutan dari model penerimaan teknologi untuk perbankan online. Temuan
penelitian ini membantu dalam merumuskan rencana perbankan digital, khususnya yang berkaitan
dengan peningkatan kualitas layanan mobile banking yang ditawarkan kepada nasabah di tempattempat
yang lebih terpencil.


