PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PIXY DI PT MANDOM INDONESIA TBK

  • Madina Ayu Lestari
  • Mahmud Mahmud

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga
dan komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian produk pixy di Madom
Indonesia Tbk. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif (Descriptive Research)
yang bersifat kuantitatif. Dalam metode pengumpulan data ini penulis menggunakan
teknik survey, wawancara, dan kuesioner kepada seluruh konsumen dengan jumlah
sampel 73 responden. Dalam analisis statistik penulis menggunakan program SPSS versi
25.0 untuk mencari validitas, reliabilitas, koefisien korelasi berganda, regresi berganda,
uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian dari pengolahan data yang dilakukan, maka di dapat r
= 0,756 dengan determinasi berganda sebesar 75,6% dan sisanya sebesar 24,4%
menunjukkan kontribusi faktor lain. Untuk nilai regresi berganda didapatkan Y =
2,063+0,399X1+0,237X2+0,342X3 dan untuk hasil hipotesis H1 diperoleh thitung =
4,085>ttabel = 1,994, maka H1 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk
(X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil uji
hipotesis H2 diperoleh thitung = 2,016>ttabel= 1,994, maka H2 diterima, jadi dapat
disimpulkan bahwa Harga (X2) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y). Hasil uji hipotesis diperoleh thitung=3,404>ttabel =1,994, maka
H3 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Pemasaran (X3) mempunyai
pengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan hasil hipotesis H4
diperoleh Fhitung = 30,603>Ftabel 2.74 maka H4 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa
Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Komunikasi Pemasaran (X3) secara bersama-sama
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2020-11-11